Pages

Minggu, 17 Juli 2016

Seputar Pencak Silat


Latihan Bersama
Memilki kemampuan bela diri merupakan nilai plus bagi kita sendiri baik itu untuk kesehaatan, dan yamg terpenting sebagai keamanan diri. Mempunyai skill beladiri dibutuhkan waktu yang lama dan latihan yang rutin agar terus berkembang dan menjadi suatu keseharusan bagi kita sendiri. Sejak kelas SMP saya sudah memulai hobby saya dengan beladiri dan berlanjut hingga SMA, di SMA saya memilih Pencak Silat saya sebagai pelajaran tambahan bagi saya.  saya memilih Pencak Silat sebagai beladiri saya karena  silat merupakan nilai luhur Indonesia yang harus kita jaga dan penggunaan tangan kosong sebagi  beladiri yang cepat dan bisa melumpuhkan lawan dengan jarak dekat. Dengan tekad yang kuat, saya berhasil meraih prestasi yang memuaskan dan tak saya duga-duga. Prestasi itu sendiri saya raih pada event Provinsi yakni sebagai Juara 3 Pencak Silat Kelas H Tingkat Provinsi dan membawa medali perunggu serta benjol-benjol di kaki saya. Dan saya juga pernah menjabat sebagai Ketua Pencaak Silat di SMAN 4 TANGSEL pada tahun 2014 sekaligus sebagai Asisten Pelatih.
Figure tokoh masyarakat yang konon jago silat yaitu Pitung yang konon ia kebal akan peluru Belanda dan hanya bisa terkalahkan oleh peluru emas. Namun buat kamu yang bisa Pencak Silat jangan pernah mencoba apa yang Pitung lakukan. Di Indonesia banyak sekali aliran Pencak Silat itu sendiri karena memang olahraga bela diri khas Indonesai yakni Pencak Silat.



•             Silat Harimau Minangkabau adalah aliran silek (silat Minangkabau), seni beladiri yang dimiliki oleh masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat, Indonesia yang diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Masyarakat Minangkabau memiliki budaya merantau semenjak beratus-ratus tahun yang lampau.  Aktor Iko Uwais salah satunya yang memiliki macam silat seperti ini. 



•             Silat Cimande adalah aliran maenpo di daerah Tari Kolot, Cimande, Bogor, Jawa Barat. Cimande adalah sebuah aliran pencak silat yang tergolong tua, besar, terkenal dan memiliki pengaruh pada aliran lainnya di pulau Jawa. Cimande memiliki lima aspek yaitu aspek olahraga, seni budaya/tradisi, beladiri, spiritual dan pengobatan. 

•             Merpati Putih  merupakan pencak silat yang berkembang dari tradisi Jawa sejak tahun 1550. Sang Guru Merpati Putih adalah Bapak Saring Hadi Poernomo, sedangkan pendiri Perguruan dan Guru Besar sekaligus pewaris ilmu adalah Purwoto Hadi Purnomo (Mas Poeng) dan Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi) sebagai Guru Besar terakhir yaitu generasi ke sebelas. Didirikan pada tanggal 2 April 1963 di Yogyakarta, mempunyai kurang lebih 85 cabang dalam negeri dan 4 cabang luar negeri dengan jumlah kelompok latihan sebanyak 415 buah (1993) yang tersebar di seluruh Nusantara dan saat ini mempunyai anggota sebanyak kurang lebih dua setengah juta orang lulusan serta yang masih aktif sekitar 100 ribu orang dan tersebar di seluruh Indonesia. Pencak silat Merpati Putih dikenal dengan Beladiri Tangan Kosong 

•             Bakti Negara adalah aliran dan perguruan pencak silat Bali yang berpedoman pada ajaran Hindu Dharma masyarakat Bali Tri Hita Karana. Bakti Negara dibentuk pada 31 Januari 1955 di Banjar Kaliungu Kaja, Denpasar, Bali oleh empat pendekar mantan pejuang kemerdekaan Indonesia: pendekar Anak Agung Rai Tokir, I Bagus Made Rai Keplag, Anak Agung Meranggi, Sri Empu Dwi Tantra, dan Ida Bagus Oka Dewangkara. 

•             Perguruan Asad (Persinas ASAD) berdiri pada tanggal 30 April 1993 berpusat di Jakarta, telah berkembang pesat dan banyak menjuarai perlombaan baik provinsi, nasional, bahkan internasional. Prestasi Dunia Persinas Asad yang mewakili Indonesia meraih prestasi membanggakan di Festival Beladiri Dunia Chungju World Martial Arts Festival di Chungju Korea Selatan. 

•             Himpunan Anggota Silat Dasar Indonesia (HASDI)  didirikan oleh Bapak RS. Hasdijatmiko pada tahun 1961, yang berpusat di Jember Jawa Timur, merupakan perguruan silat yang mengembangkan tekhnik gerak silat cepat dan lugas.  

•             Silat Perisai Diri teknik silat Indonesia yang diciptakan oleh Pak Dirdjo yang pernah mempelajari lebih dari 150 aliran silat nusantara dan mempelajari aliran kungfu siauw liem sie (shaolin) selama 13 tahun. Teknik praktis dan efektif berdasar pada elakan yang sulit ditangkap dan serangan perlawanan kekuatan maksimum. Saat ini merupakan silat yang paling dikenal dan banyak anggotanya di Australia, Eropa, Jepang dan Amerika Serikat. 

•             Silat Riksa Budi Kiwari  Perguruan ini didirikan oleh Pak Ujang Jayadiman pada tahun 1982 di Bandung. Meskipun usia perguruan ini tergolong masih muda,namun telah mencetak banyak atlet-atlet berprestasi baik di tingkat Nasional maupun Internasional. 

•             Silat Tunggal Hati Seminari- Tunggal Hati Maria organisasi pencak silat bernafaskan agama Katolik, didirikan oleh 7 dewan pendiri, termasuk Rm. Hadi,Pr. dan Rm. Sandharma Akbar,Pr. 

•             Pencak Silat Siwah aliran silat asli yang berasal dari daerah Aceh yang memadukan empat aliran asli Aceh yaitu dari Peureulak dan Aceh Besar (Keudee Bing - Lhok Nga) 

•             Pencak Silat Bajing Kiring Perguruan ini didirikan oleh Pak H. Cece pada tahun 1980-an di Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat. Sekarang dilestarikan oleh penerusnya Pak Encep. 


•             Pencak Silat Perguruan Walet Puti  Berawal dari kegemaran berkelana, merantau dari satu kota ke kota lain, dari dusun ke dusun, bahkan ke luar masuk hutan belantara, kesemuanya untuk mencari dan menimba pengalaman hidup.Suatu ketika, timbul dan muncul inspirasi gagasan untuk menciptakan suatu keahlian yang sudah lama ada di negeri dan alam kita yaitu seni beladiri berupakan Silatatau Pencak Silat.  

1 komentar:

  1. Wah salam kenal kak, dulu pas kaka jadi ketua ekskul silat di sman 4 tangsel nama perguruan silatnya apa ya kak?

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About