Pengantar Bisnis
MANAJEMEN
PEMASARAN SERING DISEBUT SEBAGAI
MANAJEMEN PERMINTAAN
MANAJEMEN PERMINTAAN
Definisi Pemasaran
Pemasaran merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan
rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan
keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses
pertukaran atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan
kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari
konsumen. Perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk
yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian, maka segala aktivitas perusahaan,
harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan
untuk memperoleh laba.
Definisi Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan
diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan
dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang
tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran
dapat tercapai.
manajemen
pemasaran juga berupaya mempengaruhi tingkat dan karakter permintaan dengan
cara yang akan membantu pencapaian tujuan organisasi. Oleh Karena itu manajemen
pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan
PENGERTIAN KEBUTUHAN DAN KEINGINAN
BERDASARKAN KONSEP INTI PEMASARAN
Definisi Kebutuhan
Konsep
utama yang paling mendasari pemasaran adalah kebutuhan manusia.Kebutuhan adalah
suatu keadaan yang dirasakan tidak ada dalam diri seseorang. Manusia memiliki
kebutuhan yang kompleks dan bertingkat seperti yang dikemukakan oleh Abraham
Maslow yaitu; kebutuhan fisik, keamanan dan keselamatan, sosial, penghargaan,
dan kebutuhan aktualisasi diri. Perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan
ditentukan oleh tingkat kebutuhan mana yang paling mendesak. Apabila salah satu
tingkat kebutuhan telah terpenuhi maka ia akan berhenti sebagai faktor
motivator.
Definisi
Keinginan
Keinginan
merupakan kebutuhan manusia yang dihentuk oleh budaya dan kepribadian individu.
Akibat perbedaan corak budaya yang beraneka ragam maka keinginan seseorang akan
dipengaruhi oleh lingkungan sosial budayanya. Kebutuhan makanan pokok di
Indonesia sudah tentu akan berbeda dengan kebutuhan pokok orang Amerika.
Kebutuhan masyarakat pedesaan berbeda dengan kebutuhan masyarakat perkotaan.
Perbedaan kehutuhan tersebut menimbulkan perbedaan keinginan setiap individu
dan golongan masyarakat tersehut Keinginan dapat diterangkan dan ohjek yang
akan memenuhinya. Keinginan manusia hersifat tak terhatas, sedangkan
sumber-sumber untuk memenuhi keingian tersebut bersifat terbatas.
Permasalahannya bagaimana manusia mengatasi atau menyesuaikan keinginan yang
tak terbatas tersebut dengan sumberdaya yang tersedia.
Contoh : Jika makan adalah kebutuhan, maka ‘makan apa?’ adalah
keinginan. Orang punya kebutuhan yang sama, yaitu makan, namun ada orang yang
ingin makan nasi, bakso, mie goreng, dan sebagainya.
PERBEDAAN PASAR DAN PEMASARAN
Pasar adalah
setiap ruang di mana perdagangan terjadi antara pembeli dan penjual untuk
produk didefinisikan dengan baik . Ruang ini bisa menjadi pasar produk , toko ,
internasional antar negara atau melalui internet .
Pemasaran
adalah semua kegiatan yang memfasilitasi perdagangan . Ini termasuk kegiatan
yang mengidentifikasi kebutuhan konsumen seperti riset pasar dan
kegiatan-kegiatan yang memenuhi kebutuhan konsumen misalnya , kemasan dan
distribusi . Oleh karena itu, kegiatan pemasaran mendukung pemasaran barang dan
jasa .
PENGERTIAN
BAURAN PEMASARAN
Sebuah campuran yang direncanakan dari unsur-unsur dikendalikan dari rencana pemasaran suatu produk biasanya disebut sebagai 4P : product, price , place , dan promotion .
Keempat elemen disesuaikan hingga kombinasi yang tepat ditemukan yang melayani kebutuhan pelanggan produk, sementara menghasilkan pendapatan yang optimal . Kadang-kadang P pertama ( Produk ) diganti dengan presentasi .
Untuk membuat bauran pemasaran yang tepat , bisnis harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
· Produk ini harus memiliki fitur yang tepat, misalnya, harus terlihat baik dan bekerja dengan baik.
· Harga pasti benar
Konsumen harus membeli dalam jumlah besar untuk menghasilkan keuntungan yang sehat.
· Barang-barang harus berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat .Memastikan bahwa barant tiba kapan dan di mana mereka ingin adalah operasi penting .
· Kelompok sasaran perlu dibuat sadar akan keberadaan dan ketersediaan produk melalui promosi . Promosi yang sukses membantu perusahaan untuk menyebarkan biaya lebih output yang lebih besar .
Referensi
:
0 komentar:
Posting Komentar