Pages

Kamis, 04 Desember 2014

Manajemen Pemasaran dan Ruang Lingkupnya

Pengantar Bisnis


MANAJEMEN PEMASARAN SERING DISEBUT SEBAGAI
MANAJEMEN PERMINTAAN





Definisi Pemasaran

Pemasaran merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen. Perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian, maka segala aktivitas perusahaan, harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba.

Definisi Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.
manajemen pemasaran juga berupaya mempengaruhi tingkat dan karakter permintaan dengan cara yang akan membantu pencapaian tujuan organisasi. Oleh Karena itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan

PENGERTIAN KEBUTUHAN DAN KEINGINAN BERDASARKAN KONSEP INTI PEMASARAN


Definisi Kebutuhan

Konsep utama yang paling mendasari pemasaran adalah kebutuhan manusia.Kebutuhan adalah suatu keadaan yang dirasakan tidak ada dalam diri seseorang. Manusia memiliki kebutuhan yang kompleks dan bertingkat seperti yang dikemukakan oleh Abraham Maslow yaitu; kebutuhan fisik, keamanan dan keselamatan, sosial, penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri. Perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan ditentukan oleh tingkat kebutuhan mana yang paling mendesak. Apabila salah satu tingkat kebutuhan telah terpenuhi maka ia akan berhenti sebagai faktor motivator.

Definisi Keinginan
Keinginan merupakan kebutuhan manusia yang dihentuk oleh budaya dan kepribadian individu. Akibat perbedaan corak budaya yang beraneka ragam maka keinginan seseorang akan dipengaruhi oleh lingkungan sosial budayanya. Kebutuhan makanan pokok di Indonesia sudah tentu akan berbeda dengan kebutuhan pokok orang Amerika. Kebutuhan masyarakat pedesaan berbeda dengan kebutuhan masyarakat perkotaan. Perbedaan kehutuhan tersebut menimbulkan perbedaan keinginan setiap individu dan golongan masyarakat tersehut Keinginan dapat diterangkan dan ohjek yang akan memenuhinya. Keinginan manusia hersifat tak terhatas, sedangkan sumber-sumber untuk memenuhi keingian tersebut bersifat terbatas. Permasalahannya bagaimana manusia mengatasi atau menyesuaikan keinginan yang tak terbatas tersebut dengan sumberdaya yang tersedia.
Contoh : Jika makan adalah kebutuhan, maka ‘makan apa?’ adalah keinginan. Orang punya kebutuhan yang sama, yaitu makan, namun ada orang yang ingin makan nasi, bakso, mie goreng, dan sebagainya.

PERBEDAAN PASAR DAN PEMASARAN
               Pasar adalah setiap ruang di mana perdagangan terjadi antara pembeli dan penjual untuk produk didefinisikan dengan baik . Ruang ini bisa menjadi pasar produk , toko , internasional antar negara atau melalui internet .

               Pemasaran adalah semua kegiatan yang memfasilitasi perdagangan . Ini termasuk kegiatan yang mengidentifikasi kebutuhan konsumen seperti riset pasar dan kegiatan-kegiatan yang memenuhi kebutuhan konsumen misalnya , kemasan dan distribusi . Oleh karena itu, kegiatan pemasaran mendukung pemasaran barang dan jasa .

PENGERTIAN BAURAN PEMASARAN

               Sebuah campuran yang direncanakan dari unsur-unsur dikendalikan dari rencana pemasaran suatu produk biasanya disebut sebagai 4P : product, price , place , dan promotion .
Keempat elemen disesuaikan hingga kombinasi yang tepat ditemukan yang melayani kebutuhan pelanggan produk, sementara menghasilkan pendapatan yang optimal . Kadang-kadang P pertama ( Produk ) diganti dengan presentasi .

              Untuk membuat bauran pemasaran yang tepat , bisnis harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :


·         Produk ini harus memiliki fitur yang tepat,  misalnya, harus terlihat baik dan bekerja dengan baik.
·         Harga pasti benar
Konsumen harus membeli dalam jumlah besar untuk menghasilkan keuntungan yang sehat.
·     Barang-barang harus berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat .Memastikan bahwa barant tiba kapan dan di mana mereka ingin adalah operasi penting .
·         Kelompok sasaran perlu dibuat sadar akan keberadaan dan ketersediaan produk melalui promosi . Promosi yang sukses membantu perusahaan untuk menyebarkan biaya lebih output yang lebih besar .






Referensi :



0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About