Pages

Minggu, 29 Maret 2015

Teman Baru Pengalaman Baru

Hai sobat semua..balik lagi ni sama saya...pasti udah engga sabar ya nunggu postingan baru blog ini,,tenang aja koq akan update terus rus rus...nah kali ini saya ingin cerita tentang pengalaman  kuliah awal saya di semester satu Jurusan Akuntansi di salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang faktanya menjadi 10 besar Perguruan Tinggi se-Indonesia ,,siapa lagi kalau bukan Universitas Gunadarma  .ceritanya wah pokoknya.. seru deh dari seru gokil sampe yang sedih juga ada..nah penasaran kan pengen tau apa ceritanya, yuk langsung kita ke TeKaPe..
 
1EB07

Pembagian Kelas

Jadi awalnya sebelum masuk kuliah itu, semua mahasiswa masing-masing dapat giliran untuk tau kelas yang mereka dapetin, nah di Gunadarma,, pembagian kelas itu berdasarkan grade hasil dari Ujian Masuk, hasil rapor dan ijazah semasa SMA dan gelombang pendaftran juga deh,, FEUG itu ada dua jurusan yakni Prodi Akuntansi(EB) dan Prodi Manajemen(EA), dari 2 jurusan itu, untuk angkatan 2014, kurang lebih ada 38 kelas untuk Akuntansi dan 43 untuk Manajemen  ..banyak banget kan ...yang biasanya kalo per kelas itu terdiri dari 45-50 mahasiswa ...coaba hitung sendiri ya...banyak kan,,wis wis wisss..nah katanya si..kelas unggulan itu ada diurutan kelas pertama berarti 1EB01 dan 1EA01..bukan berarti yang urutan kelas terakhir bukan engga pinter ya sobat..hehe..kebetulan waktu itu saya mendapat kelas 1EB07..ternyata banyak juga koq yang pinter walaupun bukan urutan kelas pertama, kalo engga percaya coba ya sekali-kali mampir..hehe dan di kelas saya ini sobat  1EB07...itu gender perempuan terdiri lebih dari 30 dan laki-lakinya ada 15 orang,,kebayang kan tuh ,,bidadari-bidadari surga pada jatuh ke bumi.,,hehe


Bertemu Wajah Baru dan Mulai melirik Sana-Sini...ciatttt!!

Ini nih hal yang paling diinginkan oleh para mahasiswa awal  yang mulai mencari sahabat sejati dan khususnya laki-laki juga ingin menunjukan kejantanannya....ciea lah jantan,,ayam kali pak..skip skip..lanjut!!  pertama –tama dan utama saya ucapkan terimakasih kepada...eheh koq malah ceramah, pertama-tama saya masuk kelas 1EB07,,sok asik aja dah pokoknya, salam-salaman sama temen baru sambil nanya alumni darimana , asalnya darimana, kos atau engga..gitu deh sok asik aja sih..ya orang ketawa saya ikut ketawa..tapi giliran saya ketawa orang engga ikut ketawa , disitu kadang saya merasa sedih.  Ketika udah ngumpul jadi satu di dalam kelas..koq saya heran..ada beberapa teman lainnya emang sudah akrab betull..kaya udah berabad-abad gitu ketemu..nah akhirnya dapet kabar bahwa emang sebelum kelas dimulai itu ada yang namanya meet and greet di salah satu tempat makan, ya inisialnya Mcdonald lah ya..nah dari situ lah sebagian temen udah ada yang akrab sebelum mulainya perkuliahan. Ya bagus juga sih..hehe



Mengenal Dosen


Nah kalo udah soal ngomongin dosen ,,saya nomor satu..hehe engga lah ..punten bu pak. Masing-masing dosen itu punya ciri khasnya sendiri ya, kebanyakan dosen kali ini dari semua mata kuliah saya di semester 1 yang berjumlah 12 mata kuliah itu dosennya  tegas tapi santai, ada juga tegas tapi suka ngelawak..nah dosen yang seperti ini buat mahasiswa betah didalem kelas terutama saya ..hehe. Dosen ibarat hidup dan matinya para mahasiswa...sepinter-pinter apapun mahasiswa kalau engga mampu menjalin komunikasi sama dosen ya nihil..ibarat kata, sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya disate juga..kan gitu kata Cak Lontong. Pokoknya banyak deh ciri-ciri dosen yang pernah mengajar saya. Ada yang hanya kasih tugas saja tetapi jarang hadir , ada yang rutin sekali ngasih tugasnya..tapi dibalik itu banyak kebaikan yang didapat , mulai dari mandiri mencari materi sendiri sampai menjadi rajin karena keseringan ngerjain tugas. Ada seroranng dosen yang mengharuskan tugasnya yang berupa laporan langsung diambil dari sumber seperti laporan ceramah. Ini menurut saya jarang banget ya dosen berlaku seperti ini, jadi mahasiswa engga hanya menyerap teori dari kampus tetapi juga bisa mencari informasi langsung di luar kampus. Pokoknya dosen seperti ini ngangenin karena tugasnya juga  bikin ngangenin.


Capenya Hijrah dari Kampus ke Kampus Lain

Universitas Gunadarma itu luas banget jangkauan lokasinya, ada yang di Jakarta, Depok, Bekasi, dan banyak lagi. Jadi Gunadarma itu memiliki beberapa kampus yang memang terpisah berjauhan dan ada juga yang berdekatan,,ya kesandung nyampe lah ..hehe..lebih lengkapnya sobat bisa cek di sini ya http://www.gunadarma.ac.id/id/page/lokasi-kuliah.html . Waktu semester satu, kebetulan saya ambil kampus di Depok, yang akhirnya saya bolak-balik dari kampus D, kampus H, kampus E, kampus G. Jadi sistemnya untuk perpindahan kampus tergantung jadwal ya, misal waktu itu setiap hari senin, jadwal saya di kampus G dan kampus E, yan jadi bolak-balik situ saja disesuaikan dengan jadwal yang diberikan. Untungnya saya engga pindah-pindah ke kampus di wilayah Bekasi, kan engga kebayang jauhnya..misal dari kampus E yang di Depok terus langsung ke kampus J yang di Bekasi..dari Depok nya hari  Sabtu nyampe sana udah malem Jumat,,hehe, untungnya emang misal pilih di daerah Depok ya kampus yang ditempatin antara kampus D, kampus E, kampus H dan kampus G. Lagipula antara kampus ini juga deket kok ,,tinggal naik angkot nyampe..kalo naik motor, tinggal nyenggol gas dikit , nyampe deh.


Praktikum kum kum...

Nah biasanya, selain mahasiswa mengemban teori dari dosen, mereka juga di sajikan yang namanya praktikum. Biasanya praktikum itu di sesuikan dengan jurusan, misal jurusan Teknik Informatika, itu ada yang namanya lab Fisika Dasar. Beda lagi sama jurusan Akuntansi, kalau akuntansi itu mereka dapat yang namanya lab Akuntansi Dasar. Namun ada nih salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh semua jurusan, mulai dari jurusan spesialisasi teknik, spesialisasi ekonomi sampai spesialisasi sastra. Nah penasaran kan apa sih praktikum yang wajib diikuti oleh semua jurusan...iyakkkk benar sekali..praktikum yang wajib diikuti namanya praktikum Ilab Komputer dan TI, kenapa harus mewajibkan semua mahasiswa dapat praktik seperti ini. Jadi Universitas  Gunadarma adalah salah satu universitas yang memang terfokus pada Teknologi Informasi , jadi jelas ya , semua mahasiswa diharuskan mengenal dasar-dasar Teknologi  Informasi Komputer , maka semua mahasiswa wajib untuk mengikuti praktikum ini. Faktanya nih kawan, ternyata profesor IT-nya Indonesia ada di Universitas Gunadarma loh sobat..hehe keren ya. Jadi jangan heran, ada mahasiswa yang jago akuntansi juga mereka jago dalam komputerisasi nya nih..wih wih wih..ya walaupun anak ekonomi tapi engga buta akan teknologi.

Mulai Akrab Sama Teman Di Kelas

Seiring berjalannya waktu,  persahabatan di kelas saya  1EB07 semakin terjalin kuat layaknya keluarga yang bersama-sama meraih masa depanya... Ciee lah asik dah. Suka dan duka pun tak luput dari  yang namanya ikatan persahabatan. Pokokny banyak ciri khas nya deh dari anak-anak 1EB07 ini. Berbagai macam suku pun menjadi satu padu di kelas demi menutupi adanya perbedaan. Semua nya kumpul jadi satu, ada aja yang bawel, ada aja yang sukanya galauuu melulu, ada yang tingkahnya masih kekanak-kanakan alias polos,,hehe,woyy udah kuliah woyy inget.  Ada juga yang pemikirannya udah bener-bener mateng, nahh hal  seperti  ini nih ya sobat yang harus kita contoh.
Nah biasanya kan panggilan teman itu berbeda jika sudah menjadi sahabat. Di kelas saya ini ibarat kata layaknya keluarga. Aneh-aneh aja deh pokoknya sobat. Ada aja yang di panggil “Engkong”, ada aja yang dipanggil “Tante”. Terus ada aja yang di panggil “ Abang”. Terus yang paling mirisnya ada aja yang dipanggil “ Papa” sama segelintiran temannya , kesian kan sobat, padahal masih muda, anaknya pun gokil bin keren ,ternyata eh ternyata  itu saya sendiri loh sobat..hehe. pokoknya macam-macam sebutan keluarga itu ada di kelas ini, mungkin emang  bener-bener layaknya  keluarga kali ya.
  Walaupun seperti itu, Pokoknya senang susah sudah kami jalani bareng di kelas ini. Banyak pengalaman saat kuliah seperti sekarang ini yang memang engga didapat ketika masa SMA dulu. Ya kalau SMA, semuanya masih disuapin oleh guru, entah itu tentang kedatangan, entah itu materi, entah itu tentang cara berpakaian, entah itu tentang pergaulan. Nah beda dengan yang namanya udah jadi mahasiswa nih, semuanya  diatur sama diri sendiri, kalian ditantang untuk berani keluar dari zona aman untuk membuat keputusan masa depan kalian. Intinya sih kuliah itu jalanin aja dan ikuti apa kata dosen dan ikuti bisikan hati, yang pastinya itu berdampak positif loh ya buat diri-sendiri. Tenang aja koq, ada waktu untuk segala sesuatu. Keberhasilan akan segera menghampirimu sesudah pahitnya kesulitan merajaimu.

Nah gimana sobat semua,,serukan cerita saya kali ini. Jadi jangan segan-segan untuk terus update tentang blog ini. Sepertinya, waktu membatasi kita untuk sampai disini dulu sobat. Salam hangat buat kalian semua..”Ini cerita ku, mana cerita mu? “


NB : dimohon komentarnyaaa ya..hehe

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About