Pages

Selasa, 11 November 2014

Perusahaan dan Lembaga Sosial


Definisi Perusahaan dan Lembaga Sosial beserta contohnya


Perusahaan Adalah  suatu unit kegiatan ekonomi yang di organisasikan dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.

            A.    Contoh Perusahaan berdasarkan bentuknya :

1.Perusahaan Perseorangan.

2.Perusahaan Yang Tidak Berbadan Hukum
·         Persekutuan Perdata, Firma, CV.

3.Perusahaan Yang Berbadan Hukum
·         Perseroan TerbatasTerbatas(PT), Koperasi, Perusahaan umum , Perusahaan Perseroan(Persero).

B.   Contoh Perusahaan berdasarkan ruang lingkupnya :

PERUSAHAAN NASIONAL

PT. Tirta Bahagia merupakan perusahaan yang bergelut pada bidang minuman kemasan. Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan ini berdiri pada tahun 1988 dengan nama PT. Tirta Bahagia berpusat di Surabaya.Pabrik yang pertamanya berlokasi diPandaan, Kabupaten Pasuruan, Propensi Jawa Timur. Merek yang diproduksi dandipasarkan adalah “Club” dan sudah lebih dari 24 tahun telah memenuhi kebutuhanmasyarakat lokal (Jawa Timur) akan air minum yang sehat, terpercaya & bermutu.

PERUSAHAAN INTERNASIONAL
PT. Sidomuncul dikategorikan dalam perusahaan internasional karena PT. Sidomuncul sudah mengekspor produknya ke berbagai negara.Kita dapatmenemukan produk dari PT. Sidomuncul bahkan di Eropa sekalipun.Namun pabrikannya masih berada di Indonesia.



PERUSAHAAN MULTINASIONAL

PT. Coca-cola Amatil Indonesia dikategorikan sebagai perusahaan multinasional karena alasan berikut:
1.      PT Coca-Cola Amatil Indonesia adalah salah satu cabang dari perusahaan pusat Coca-Cola yaitu The Coca-Cola Company. The Coca-Cola Companysendiri memiliki cabang di berbagai negara selain di Indonesia.
2.         Dalam mempromosikan produknya, The Coca-Cola Company yang diwakilicabang perusahaannya PT Coca-Cola Amatil Indonesia berpromosi denganmenyesuaikan budaya di Indonesia, Memiliki kebijakan menciptakan lapangan kerja baru.Pada mulanya PT Coca-Cola Amatil Indonesia hanya memiliki satu pabrik, kemudian seiring berkembangnya perusahaan, berdiri 11 pabrik di seluruh Indonesia. Memiliki kebijakan ikut mendukung pembangunan nasional. PT Coca-ColaAmatil Indonesia memiliki berbagai program

PERUSAHAAN GLOBAL

Perusahaan Unilever dikategorikan perusahaan global karena:

 Produk-produknya yang mampu menembus pasar dunia dan produknya telahdinikmati oleh berbagai macam negeri di belahan dunia. Perusahaan inimempunyai kualitas brand yang berskala internasional sehingga produknyamampu secara fleksibel dapat diterima oleh kalangan siapapun. Dan setiaphari di dunia masyarakat menggunakan produk unilever.

Definisi Lembaga Sosial
 Lembaga Sosial secara singkat bisa diartikan sebagai suatu sistem norma yang mengatur segala tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan pokoknya dalam hidup bermasyarakat. Jadi, dengan apa yang didapatkan oleh lembaga sosial akan diteruskan kepada masyarakat demi tercapainya kemakmuran rakyat.
Berikut macam-macam lembaga social dan contohnya menurut Dr. Koentjaraningrat :
1.    Lembaga yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah (scientific institutions). Contoh: Metode ilmiah, penelitian, pendidikan ilmiah, dan lain-lain.
2.    Lembaga yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia, menyatakan rasa keindahan dan rekreasi (aesthetic and recreational institutions). Contoh: Seni rupa, seni drama, sport, dan lain-lain.
3.    Lembaga yang bertujuan memenuhi kebutuhan kehidupan kekerabatan (Kinship) atau domestic institutions. Contoh: Pertunangan, perkawinan, perceraian, dan lain-lain.
4.    Lembaga yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian tertentu (economic institutions). Contoh: Pertanian, peternakan, perburuhan, industri, dan lain-lain.
5.    Lembaga yang bertujuan memenuhi kebutuhan penerangan, dan pendidikan (educational institutions). Contoh: TK, SD, SMP, SMA, Pondok Pesantren, dan lain-lain.
6.    Lembaga yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hubungannya dengan Tuhan atau alam gaib (religious institutions). Contoh: Gereja, masjid, doa, kenduri, dan lain-lain.
7.    Lembaga yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kehidupan kelompok atau negara (political institutions). Contoh: Pemerintahan demokrasi, kehakiman, kepartaian, kepolisian, adat, tokoh masyarakat, dan sebagainya.
8.    Lembaga yang bertujuan mengurus kebutuhan jasmani manusia (consultive institutions). Contoh: Pemeliharaan kecantikan, kesehatan, kedokteran, dan lain-lain.

  II.        Berikut perbedaan Perusahaan dan Lembaga Sosial :

Perusahaan sebagai suatu sistem adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Perusahaan adalah suatu system karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tujuan tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat,maupun tanggung jawab sosial.
Kepada pemilik modal => pengelolaan keuangan dan kemajuan perusahaan.
Kepada lembaga peneliti => membantu pendanaan.
Kepada pekerja => membayar gaji dan memenuhi fasilitas kerja.
Kepada konsumen => menyediakan Barang dan jasa yang bagus.
Kepada pemerintah => membayar pajak.

            Suatu lembaga sosial bertujuan memenuhi kebutuhan pokok manusia. Ada beberapa fungsi lembaga sosial sebagai berikut.
1.    Memberikan pedoman kepada anggota masyarakat tentang sikap dalam menghadapi masalah di masyarakat, terutama yang menyangkut kebutuhan pokok.
2.    Menjaga keutuhan dari masyarakat yang bersangkutan.
3.      Memberi pegangan kepada anggota masyarakat untuk mengadakan pengawasan terhadap tingkah laku para anggotanya.

Contoh perbedaan tindakan perusahaan dan lembaga sosial :

·         Dalam pembayaran gaji pegawai.
Untuk perusahaan, PT.Ani menanggung sendiri gaji  karyawannya secara independen , sedangkan untuk lembaga sosial, semua pengajar  SMAN 1 Kenari menerima gaji yang diberikan  oleh pemerintah/negara sesuai dengan aturan perundang –undangan.
  
Secara singkat dapat disimpulkan bahwa peran perusahaan dan peran lambaga sosial berbeda, peran perusahaan yaitu untuk menghasilkan barang dan jasa yang berguna bagi masyarakat sedangkan peran lembaga sosial yaitu  menuntun masyarakat untuk membentuk suatu sikap dan moral demi terciptanya masyarakat yang madani.

III.            Berikut perbedaan Letak dan Tempat Kedudukan Perusahaaan :
  • Letak  Perusahaan adalah suatu tempat di mana perusahaan itu malakukan kegiatan fisik. Contoh bentuk letak/lokasi perusahaan adalah pabrik tempat memproduksi barang. Umunya Pabrik berada di daerah-daerah luar kota.
  •  tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat dari kegiatan fisik perusahaan. Kantor pusat merupakan tempat mengatur semua kegiatan mulai dari pendanaan perusahaan, administrasi, produksi sampai distribusi. Umumya  pula tempat kedudukan perusahaan terdapat di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, dll. Untuk lebih jelasnya simak data berikut ini.
a)      Kantor Pusat produk Aqua :
§  PT Tirta Investama
Jalan Pulo Lentut No. 3
Kawasan Industri Pulogadung
Jakarta Timur - 13920
Telp. (021) 4603070


                   Letak produksi Aqua(cabang) :

§  PT (Tbk) Aqua Golden Mississippi Bekasi
Alamat lengkap: Jl Raya Bekasi Km 27, Medan Satria, Medan Satria
Kabupaten/Kota: Bekasi
Kode pos: 17132
Nomor telepon/HP: +62.21.88951134

§  PT. TIRTA INVESTAMA
Jalan Raya Surabaya - Malang KM. 48,5 Desa Karangjati,
Pandaan Kabupaten Pasuruan.
b)      Kantor Pusat Produk Pocari Sweat Indonesia :
¨       Alamat: KANTOR PUSAT Wisma Pondok Indah 1, Lantai 7 Jl. Sultan Iskandar Muda kav. V-TA Jakarta 12310 T. (021) 769 7475 F. (021) 769 7472
Telepon: 021 769 7475
  
  Letak produksi produk Pocari Sweat :

§  Pocari Sweat bertempat di Kejayan - Pasuruan - Jawa Timur tepatnya di Jalan Malang-Pasuruan km 11, Desa Pacarkeling, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan.



 IV.            Perbedaan Lingkungan Eksternal Mikro dan Makro


Lingkungan Eksternal
      Lingkungan eksternal adalah semua elemen di luar organisasi yang relevan untuk operasi. Unsur-unsur di luar organisasi sulit dikendalikan namun berpengaruh terhadap organisasi. Organisasi tidak dapat berdiri sendiri atau memenuhi kebutuhannya sendiri. Organisasi mengambil input seperti bahan baku , uang, tenaga kerja dan energi dari lingkungan eksternal yang mengubahnya menjadi produk atau jasa sebagai output.



 Berikut perbedaan eksternal mikro dan makro :
Lingkungan eksternal mikro
Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
·         Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan. Perusahaan atau individu yang menyediakan faktor-faktor produksi yang dibutuhkan perusahaan untuk memproduksi produk atau jasanya. Pasokan meliputi penyediaan bahan baku/material, peralatan, input keuangan dan tenaga kerja.

  • Perantara, misalnya distributor, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
  • Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll. Teknologi merupakan salah satu faktor lingkungan umum yang paling dramatis atau paling cepat mengalami perubahan.Teknologi pun menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan manajer terutama dalam hal pengembangan produk.Sebagai contoh, saat ini dinamika industri ponsel sedang berkembang pesat, kita selalu mendapat informasi adanya tawaran produk ponsel dengan berbagai fitur dan manfaat baru dalam waktu yang sangat cepat
  • Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.

Lingkungan eksternal makro
Adalah lingkungan eksternal  yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
  • Keadaan alam => SDA, lingkungan.
  • Politik dan hankam => kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada => menciptakan.
  • Hukum
  • Perekonomian
  • Pendidikan dan kebudayaan
·         Social dan budaya Sosial budaya
    Komponen sosial budaya merujuk pada karakteristik demografi serta perilaku, sikap, dan norma-norma umum dari penduduk dalam suatu masyarakt tertentu.
  • Kependudukan
  • Hubungan internasional.


SUMBER :
·         http://www.zonasiswa.com/
·         http://books.google.co.id/




     






0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About